BAZNAS Lotim Menjawab Hoax

Selong, BelitungUpdate.com (14/6)– Badan Amil Zakat Nasional atau biasa dikenal BAZNAS Lombok Timur (Lotim) angkat bicara terkait beredarnya pemeberitaan yang menyudutkan Pengurus BAZNAS Lotim.

TGH. Sholehuddin Ishak, Lc selaku Ketua BAZNAS Lotim menjawab melalui rilis resmi yang tersebar melalu pesan WhatsApp (WA). Menurut Solehuddin berita miring terkait BAZNAS Lotim tersebut sangat kental muatan politik.

” Kami melihat ada oknum yang sengaja merusak citra pemda lombok timur khususnya Baznas Lotim terkait masalah masa lalu dan dendam politik.” Tulisanya melalui pesan WA kepada wartawan BelitungUpdate.com

Solehuddin juga menegaskan bahwa di bawah kepemimpinannya BAZNAS Lotim berjalan sesuai dengan syariah Islam danPerundang-undangan. “Sejak diberi amanat mengelola zakat, infak dan sodaqoh Kami telah melakukan pengelolaan dana sesuai dengan syariah dan peraturan perundang-undangan. ” Tulisnya.

Berikut adalah penjelasan lengkap dari Ketua BAZNAS Lotim:


“Assalamulaikum wr wb
Saya TGH SOLEHUDDIN ISHAK, LC, Ketua BAZNAS Lombok Timur

Menanggapi berita media mengenai dugaan pengelolaan dana zakat yang tidak sesuai dengan syariat dan peraturan perundang-undangan yang dituduhkan kepada kami di BAZNAS Kabupaten di Lombok Timur, dengan ini kami menyatakan bahwa berita tersebut tidak benar. Cenderung memojokkan dan framing atas kinerja BAZNAS Lombok Timur yang saat ini semakin maju.

Kami melihat ada oknum yang sengaja merusak citra pemda lombok timur khususnya Baznas Lotim terkait masalah masa lalu dan dendam politik.

Sejak diberi amanat mengelola zakat, infak dan sodaqoh Kami telah melakukan pengelolaan dana sesuai dengan syariah dan peraturan perundang-undangan. Kami berusaha setiap rupiah dana zakat milik mustahik dapat ditarik dan diserahkan kepada mereka yang berhak mendapatkannya.

Terkait peminjaman ke Selvi sesungguhnya kami lakukan atas pertimbangan kemanusiaan dan semangat saling tolong menolong dalam kebaikan. Alhamdulillah pinjaman yg bersifat non profit itu sudah dikembalikan.

Kami menyesalkan pembritaan yg menuding kami mengaku memberikan pinjaman kepada OPD lain, padahal kami hanya menjelaskan adanya pinjaman kepada pengusaha kecil melalui UPEM (Unit Pemberdayaan Ekonomi Mustahik) yang didahului dengan surat permohonan dan survey.

BAZNAS di semua tingkatan terikat dengan audit kepatuhan BAZNAS serta Audit Syariah oleh Kementerian Agama RI. Karena itu kami siap menerimanya.

BAZNAS akan terus menjaga dana zakat, infak, sedekah tetap aman dari penyelewengan dan disalurkan sesuai dengan syariah dan peraturan perundang-undangan. Terlebih lagi, pengelolaan zakat akan dipertanggungjawabkan di hadapan Allah subhanahu wa ta’ala.

Terima kasih atas kepercayaan masyarakat kepada BAZNAS selama ini. Dukung kami agar kami terus amanah dan dapat mendeteksi bentuk-bentuk kelalaian sekecil apa pun di lapangan dari oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab dan dapat mengelola dana zakat sesuai yang diharapkan oleh masyarakat.


Wassalaamu’alaikum wrwb.
Ketua BAZNAS Lombok Timur
TGH SOLEHUDDIN ISHAK, LC. “











Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *